Pesawat Asiana Airlines yang mengalami kecelakaan

Pesawat Asiana Airlines yang mengalami kecelakaan

Seoul – Maskapai penerbangan Asiana Airlines akhirnya mengungkapkan bahwa pilot yang mengendalikan pesawat Asiana Airlines yang jatuh dalam pendaratannya di Bandara San Fransisco adalah pilot yang sedang mengalami masa training. Hal tersebut seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Senin (8/7/2013).

“Itu adalah penerbangan perdana dari Lee Kang Kook dengan menggunakan pesawat jet B777. Dia sedang dalam masa training. Meskipun veteran, dia mendapatkan training untuk pesawat baru,” ujar juru bicara Asiana Airlines.

Pesawat tersebut terbukti terbang dengan kecepatan dibawah standar dan berusaha untuk membatalkan pendaratan sejenak sebelum menabrak pagar pembatas diujung landasan. Hal tersebut seperti yang telah diungkapkan oleh U.S. National Transportation Safety Board atau Badan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat.

“Pilot tersebut sebenarnya memiliki sangat banyak pengalaman dan sebelumnya menerbangkan pesawat menuju San Fransisco dengan menggunakan pesawat jenis B747. Dalam penerbangan menggunakan pesawat B777 kali ini, Kang mendapatkan asistensi dari pilot lain yakni Lee Jeong Min yang lebih berpengalaman menggunakan B777,” tambah juru bicara tersebut.

Lee tercatat telah bergabung bersama Asiana Airlines pada pertengahan 1994 silam. Pilot tersebut telah memiliki 9.793 jam terbang, namun hanya 43 jam bersama dengan pesawat jet B777. Sementara itu, Co-Pilot Lee Jeong Min memiliki 3.220 jam terbang bersama B777 dan total memiliki 12.387 jam terbang. (Rani Soraya – www.harianindo.com)