Tim SAR

Ilustrasi

Bone – Sebuah kapal KM Dharma Kartika pada hari Rabu (10/7/2013) sekitar pukul 23.40 WITA telah kandas di Teluk Bone Sulawesi Selatan, kapal ini menurut laporan yang kami terima membawa 214 penumpang serta 21 orang ABK (Anak Buah Kapal) dengan tujuan dari Dermaga Bajoe Sulsel menuju Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Menurut Basri selaku Kepala Pos SAR Kabupaten Bone, saat dihubungi oleh Harianindo pada Kamis (11/7/2013), mengungkapkan bahwa saat ini Tim SAR tengah menunda evakuasi para penumpang kapal KM Dharma Kartika dikarenakan cuaca yang buruk, karena kecepatan angin mencapai 120 knot, tim SAR masih harus menunggu cuaca bersahabat untuk melakukan evakuasi, tegasnya.

Memang KM Dharma Kartika sempat mengalami kemiringan lima derajat, tetapi akibat air laut yang pasang, maka posisi dari kapal KM Dharma Kartika kembali normal, tambah Basri.

Memang sebelumnya kapal KM Dharma Kartika ini dijadwalkan berangkat pada pukul 20.00 WITA, akibat cuaca yang sangat buruk, akhirnya KM Dharma Kartika berangkat pada pukul 23.00 WITA. Tetapi tidak lama setelah berlayar kapal tersebut kandas, Posisi kandasnya kapal KM Dharma Kartika ada pada jarak 6 mil dari Pelabuhan Bajoe. (Rini Masriyah – HarianIndo.Com)