Suku Amazon

Suku Amazon

Brasilia – Aksi protes warga Brasil yang ada tinggal di sekitar Hutan Amazon menuntut adanya perbaikan hidup. Dimana mereka melakukan pemblokiran jalur kerata api yang melintas di wilayang mereka. Seperti yang dilansir dari BBC, Kamis (11/7/2013), jalur kereta api tersebut yang diblokir adalah milik sebuah perusahaan tambang, Vale.

Dimana ada sekitar 100 juta ton hasil tambang yang setiap harinya selalu dibawa oleh Vale melalui jalur kereta tersebut. Nantinya hasil tambang tersebut akan dikirim ke pelabuhan yang nantinya akan diekspor.

Alasan aksi pemblokiran tersebut dikarenakan suku Amazon merasa pihaknya tidak mendapatkan keuntungan dari hasil tambang miliki Vale. Bahkan berbagai fasilitas seperti pendidikan, kesehatan, transportasi dan juga tempat tinggal mereka sangat minim.

Untuk minggu ini, aksi pemblokiran tersebut sudah dilakukan suku Amazon sebanyak dua kali. Karena sebelumnya mereka telah melakukan aksi pemblokiran jalur kereta penumpang. Terkait hal ini terjadi ketegangan antara Pemerintah Brasil dengan suku Amazon.

Bahkan sebelumnya rencana pemerintah yang ingin membangun sebuah bendungan besar di Amazon mendapatkan aksi protes serupa. Hal ini dikarenakan suku Amazon takut jika bendungan yang bernama Belo Monte tersebut memberikan efek buruk terhadap lingkungan yang ada di sekitar Amazon. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)