Edward Snowden

Edward Snowden

Rio De Janeiro – Pihak Amerika Serikat (AS) memang selama ini diketahui memiliki hasrat menggebu-gebu untuk menangkap Edward Snowden. Memang selama ini beberapa pihak sempat tidak terlalu menggubris mengapa AS ingin menangkap Snowden sesegera mungkin. Kini Tanya tersebut telah terjawab, hal ini tidak lain dikarenakan Snowden diketahui telah membawa cetak biru (blue print) Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Berdasarkan data dari Glenn Greenwald, seorang wartawan Guardian, mengungkapkan bahwa saat ini Snowden telah membawa banyak data yang milik Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Dimana dokumen-dokumen tersebut didalamnya menyatakan bagaimana NSA selama ini bekerja.

Seperti yang dikutip dari Associated Press, Senin (15/7/2013), Greenwald mengatakan bahwa saat ini Snowden sedang membawa dokumen yang paling sensitif milik NSA. Karena jika dikemudian hari ia membocorkannya, tentu ini sebuah bocoran yang dapat dipercayai.

Karena siapapun yang nantinya mendapatkan dokumen tersebut, maka akan mengetahui bagaimana cara kerja NSA dan dapat mempelajari bahkan meniru apa yang dilakukan oleh NSA. NSA sendiri adalah sebuah badan intelijen milik AS yang fungsinya melakukan intelijen komunikasi.

Bahkan NSA merupakan badan resmi yang melakukan aksi penyadapan kepada warga AS dan juga Negara asing. Greenwald sendiri termasuk orang yang memiliki hubungan dekat dengan Snowden. Bahkan ia adalah sosok yang membantu membocorkan mengenai rahasia pertama Snowden terkait program Prism. Prism ini adalah sebuah program penyadapan yang dimiliki oleh NSA untuk membantu mengawasi semua kegiatan dari pengguna jaringan internet milik AS. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)