François Hollande bertemu Thein Sein

François Hollande bertemu Thein Sein

Paris – Saat ini, Presiden Myanmar diberitakan telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Perancis. Pemimpin Myanmar tersebut melakukan pertemuan dengan Presiden Perancis saat ini, François Hollande. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Perancis sempat menyinggung kerusuhan antar etnis yang menimpa suku Rohingya.

Diberitakan oleh AFP, Kamis (18/7/2013), Thein Sein melakukan kunjungan ke negara Eropa tersebut guna meminta dukungan terhadap proses reformasi yang saat ini tengah terjadi di Myanmar. Tercatat, Thein Sein melakukan pertemuan dengan Hollande selama kurang lebih 45 menit.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Perancis memberikan dukungan penuh terhadap proses demokrasi yang saat ini terjadi di Myanmar. Tidak hanya itu saja, Hollande juga memberikan pujian khusus terhadap Myanmar dengan adanya keterlibatan pihak oposisi dalam proses politik di negara tersebut.

Namun demikian, selain memberikan dukungan dan pujian, orang nomor satu Perancis tersebut juga sempat meminta agar pihak Myanmar sesegera mungkin mengatasi masalah etnis yang menimpa warga muslim Rohingya. Hollande meminta agar masalah tersebut segera diatasi oleh Sein dan tercipta keamanan di negara tersebut.

Selain Hollande, Perdana Menteri David Cameron sebelumnya juga menekan Sein terkait masalah tersebut. Perdana Menteri Inggris tersebut menyampaikan bahwa dirinya sangat prihatin terhadap konflik yang menyebabkan korban tewas dari etnis Rohingya itu.

Seperti yang kita ketahui, dalam kurun waktu belakangan ini telah terjadi kerusuhan komunal di Myanmar yang menimpa warga muslim minoritas di negara tersebut. Tercatat, setidaknya terdapat sekitar 200 warga muslim tewas dalam insiden tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)