Konvoi militer Irak

Konvoi militer Irak

Mosul – Sebuah konvoi tentara Irak yang dilakukan di daerah utara kota Mosul, diberitakan telah menerima serangan bom bunuh diri. Akibat serangan tersebut, terdapat sedikitnya 22 orang korban jiwa yang merupakan anggota tentara dan tiga korban lain yang merupakan pejalan kaki.

Diberitakan oleh Reuters, Senin (22/7/2013), pelaku bom bunuh diri tersebut mengendarai sebuah mobil yang diduga berisi bahan peledak mendekati konvoi tentara sebelum kemudian meledakkan dirinya tepat dibelakang konvoi tersebut.

“Pelaku bom bunuh diri tersebut mengikuti konvoi tentara sebelum kemudian mengentikan kendaraannya dan meledakkan diri tepat dibelakang konvoi tersebut,” ujar seorang petugas keamanan setempat yang namanya enggan dipublikasikan.

Sementara itu, sejumlah serangan lain yang terjadi di bagian utara kota Mosul diberitakan juga terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan dan menelan sekitar empat orang anggota polisi.

Hingga berita ini diturunkan, masih belum jelas pihak yang berada dibalik aksi serangan bom bunuh diri tersebut. Namun demikian, beberapa pihak mensinyalir bahwa aksi tersebut erat kaitannya dengan jaringan Al Qaeda yang saat ini menyusun kekuatannya di Mosul yang merupakan kota terbesar ketiga di Irak.

Sebagai catatan, hingga saat ini telah terdapat sekitar 600 korban jiwa akibat aksi serangan militan di Irak sepanjang bulan ini. (Rani Soraya – www.harianindo.com)