Polri logo

Polri logo

Jakarta – Calon Kapolri saat ini memang sudah ada beberapa nama di Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Nantinya kesembilan nama Jenderal yang sudah masuk dalam daftar Kompolnas akan diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada hari ini.

Berdasarkan keterangan dari Edi Hasibuan selaku anggota Kompolnas, bahwa pada sora nanti nama calon Kapolri akan keluar berdasarkan hasil rapat yang dipimpin oleh DJoko Suyanto. Kompolnas juga telah melakukan tahapan wawancara terhadap kesembilan calon Kapolri.

Kepada wartawan harianindo, Jumat (26/7/2013), Edi mengungkapkan bahwa sembilan nama yang akan dibahas dalam rapat Kompolnas yakni adalah Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Sutarman, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Anang Iskandar, Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komjen Pol Budi Gunawan.

Selain itu ada beberapa nama lagi seperti Kapolda Metro Jaya Irjen pol Putut Eko Bayuseno, Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachjunadi, Kadiv TI Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya, mantan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman, dan yang terakhir adalah Asisten Operasi Kapolri Irjen Badrodin Haiti.

Untuk selanjutnya pihak Kompolnas akan bekerjasama dengan dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengetahui semua laporan keuangan dan juga aliran dana yang mengalir ke rekening mereka selama ini.

Karena sebagai calon pengganti dari Jenderal Timur Pradopo maka tentunya harus ada anggota yang terpilih yang bisa meningkatkan kerja Polri. Bahkan dari penuturan Edi, kemarin semua calon sudah melaporkan kekayaannya kepada KPK. Karena memang semua proses tahapan tersebut harus dilalui oleh seorang calon Kapolri. Daftar bakal calon Kapolri ini nantinya akan mendapatkan tugas yang berat, dimana ia harus mampu memberantas koropsi dengan tegas dan juga meningkatkan kinerja dari anggota Polri. (Rani Soraya – www.harianindo.com)