Jamaika Banyak Kehilangan Atlet Andalannya

Usain Bolt

Kingston – Dengan beberapa sprinter Jamaika yang terkena kasus, maka membuat Jamaika harus kehilangan kekuatannya di tim atletik. Untuk saat ini saja, Jamaika hanya bertumpu pada dua atlet andalannya yaitu Usain Bolt dan Shelly-Ann Fraser-Pryce.

Menjelang kejuaraan lari dunia yang akan berlangsung di Moskow, Rusia pada 10-18 Agustus 2013 nanti, pihak Asosiasi Atletik Jamaika (JAAA), telah mengumumkan ada sekitar 22 atlet yang ikut dalam ajang bergengsi tersebut.

Sayangnya dalam perlombaan lari kali ini pihak JAAA tidak dapat menurunkan semua skuad terbaiknya. Hal ini dikarenakan Asafa Powell dan Sherone Simpson tidak ikut dalam skuad Jamaika. Dimana peraih mendali emas Olimpiade 2008 Beijing ini sedang tersandung kasus doping.

Selain itu Veronica Campbell-Brown sebagai peraih mendali emas sebanyak sembilan kali dalam kejuaraan lari dunia juga terpaksa absen dalam perlombaan di Moskow. Tidak hanya Powell dan Sherone saja, karena campell juga terbukti telah mengkonsumsi zat terlarang di bulan Mei lalu dalam ajang Jamaica International Invitational World Challenge.

Seperti yang dikutip dari The Gulf Today, Rabu (31/7/2013), atlet Jamaika lain seperti Yohan Blake juga tidak dapat memperkuat tim dikarenakan cedera yang dialaminya. Namun nampaknya posisi Blake akan digantikan oleh Kemar Bailey-Cole.

Sedangkan untuk posisi Asafa Powell akan digantikan oleh Nesta Carter. Untuk lari nomor 100m putri, posisi dari Sherone akan digantikan oleh Sherri-Ann Brooks. Dimana pihak JAAA telah mempertimbangkan Brooks untuk ikut dalam perlombaan di Moskow karena pada Juni lalu ia berhasil menempati posisi keempat ketika dilakukan trial di Jamaika.

Dengan absennya banyak pilar penting dari JAAA, maka saat ini yang menjadi patokan untuk dapat meraih mendali hanya pada Usain Bolt. Sedangkan untuk kategori putri terletak pada Fraser-Pryce yang pada 2009 lalu berhasil meraih juara dan juga pemegang tiket wild card. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)