Warga Israel menunjukkan foto keluarga mereka yang menjadi korban kekerasan Palestina

Warga Israel menunjukkan foto keluarga mereka yang menjadi korban kekerasan Palestina

Jerussalem – Israel mempublikasikan secara resmi daftar dari 26 tahanan Palestina yang akan mereka bebaskan dalam beberapa hari kedepan. Hal tersebut merupakan langkah awal yang ditempuh oleh negeri zionis tersebut untuk mewujudkan pembicaraan damai dengan Palestina. Seperti yang kita ketahui, Amerika bersedia untuk menggalang perundingan damai antara kedua negara tersebut pada bulan lalu.

Keputusan tersebut dibuat pada Minggu malam dalam sebuah rapat kabinet yang melibatkan tiga kementrian dan dipimpin oleh Menteri Pertahanan Israel, Moshe Yaalon. Hal tersebut seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Senin (12/8/2013).

Lebih jauh, 26 tahanan yang akan dilepas oleh Israel tersebut merupakan gelombang pertama dari rencana Israel untuk melepaskan total 104 tahanan. Hal tersebut merupakan salah satu kesepakatan yang telah dicapai oleh pihak Israel melalui upaya diplomasi Amerika Serikat untuk memperbarui upaya damai dengan Palestina.

Sebagai catatan, pihak Amerika Serikat sendiri merencanakan bahwa Israel dan Palestina akan melakukan pembicaraan damai dalam kurun waktu sembilan bulan kedepan. Rencananya, Rabu (14/8/2013), akan kembali dilangsungkan perundingan yang berlokasi di Israel. (Rani Soraya – www.harianindo.com)