Presiden Venezuela Mulai Konsen Cegah Korupsi Dengan Segera Mengeluarkan Dekrit

Nicolas Maduro

Caracas – Kabar beredar menyebutkan bahwa saat ini Presiden Venezuela sedang mempersiapkan sebuah dekrit yang dalam waktu dekat ini akan segera dikeluarkan. Dalam dekrit tersebut nantinya akan ditambahkan kewenangannya sebagai Presiden untuk ikut memberantas korupsi.

Memang pada pemilu April, salah satu janji Maduro adalah adanya sikap tegas untuk memberantas korupsi. Dimana dalam pemilu tersebut, Nicolas Maduro hanya terpaut tipis dengan Henrique Caprilles sebagai pemimpin oposisi.

Bahkan sebelum dikeluarkannya dekrit tersebut, sudah ada beberapa pejabat yang ditangkap karena terlibat kasus korupsi. Langkah ini adalah wujud kebijakan anti korupsi yang dicanangkan oleh Maduro. Sayangnya dengan hasil ini, rakyat Venzuela belum sepenuhnya merasa puas atas kinerja Maduro.

Karena dirasa ada beberapa koruptor besar yang sampai saat ini belum diproses sama sekali. Seperti yang dikutip dari Reuters, Rabu (14/8/2013), di hadapan Parlemen, Maduro mengungkapkan bahwa ia akan menyatakan adanya kondisi darurat korupsi. Selain itu Maduro juga ingin kekuasaan tambahan dirinya dalam menjalankan tugasnya.

Maduro juga menegaskan bahwa jika ia harus mengubah hukum untuk membantunya dalam memberantas korupsi maka akan ia lakukan. Memang korupsi yang terjadi di Venezuela telah lama menggerogoti kesejahteraan rakyat.

Dimana sampai saat ini masih banyak sekali rakyat miskin di Venezuela padahal Negara Venezuela merupakan salah satu Negara penghasil minyak bumi yang ada di dunia. Faktor kemiskinan inilah yang memicu timbulnya tingkat kejahatan yang ada di negeri Amerika Latin tersebut. Bahkan Maduro juga memerintahkan tentaranya untuk turun ke jalanan untuk mencegah timbulnya kriminalitas. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)