ZTE Akan Mulai Memproduksi Prosesor ARM-nya Sendiri

ZTE

Jakarta – Kini dengan semakin menjamurnya smartphone yang ada di pasaran, membuat produsen smartphone mulai berpikir untuk mengerjakan chip prosesornya sendiri. Sebelumnya produsen teknologi seperti Samsung, Huawei telah memproduksi chip-nya sendiri, kini produsen smartphone asal China juga mulai bersiap untuk memproduksi chip prosesornya sendiri.

Vendor kenamaan asal China ini kabarnya akan mengikuti langkah dari Huawei untuk mengerjakan prosesornya sendiri. Untuk arsitekturnya sudah dipastikan bahwa ZTE akan menggunakan desain ARM. Karena selama ini hampir semua smartphone produksinya menggunakan prosesor jenis ini.

Selain itu alasan lain mengapa ZTE memilih ARM adalah karena Google merancang sistem operasi Android ini dapat berjalan optimal dengan platform chip yang menggunakan desain ARM. Namun sayang, sampai saaat ini belum diketahui secara pasti jenis arsitektur ARM apa yang nantinya akan digunakan oleh ZTE.

Rumor yang berkembang menyebutkan bahwa ZTE akan memilih Cortex-A7, hal ini tidak lain untuk memangkas biaya produksi awalannya. Seperti yang dilansir dari VR-Zone, Rabu (14/8/2013), terungkap bahwa nantinya chip prosesor yang akan dikerjakan oleh ZTE adalah menggunakan teknologi 4G LTE.

Bahkan rencananya pada bulan depan dalam ajang PT. Expo Comm China, ZTE akan mulai memamerkan hasil karya pertamanya dalam membuat prosesor pertamanya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)