Uji Kelayakan Moeldoko Sebagai Calon Panglima TNI Akan Segera DilakukanJakarta – Rencananya pada bulan Agustus ini, pihak Komisi I DPR RI akan mengadakan fit and proper test (uji kelayakan) terhadap calon Panglima TNI terpilih. Dalam uji kelayakan kali ini, nampaknya Jenderal Moeldoko yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dipastikan ikut.

Bertempat gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2013), ketika ditemui wartawan harianindo, Wakil Ketua Komisi I, TB Hasanudin mengungkapkan bahwa memang calon Panglima TNI yang baru hanya satu orang yaitu Jenderal TNI Moeldoko. Dimana rencananya uji kelayakan tersebut akan dilakukan pada tanggal 21.

Walaupun memang hanya ada satu calon nama yang diajukan pemerintah sebagai calon Panglima TNI, namun berdasarkan pernyataan dari politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini bahwa belum tentu Moeldoko yang terpilih, karena masih ada beberapa tes.

Sampai saat ini ia sendiri belum dapat menjawab, karena semuanya akan diputuskan berdasarkan hasil dari fit and proper test, ungkap Hasanudin. Dalam uji kelayakan tersebut Komisi yang membidangi semua pertahanan, komunikasi, dan luar negeri tersebut akan bekerja sama dengan pihak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nantinya Komisi I ini akan mendapatkan berbagai pertimbangan yang berasal dari Komnas HAM dan juga KPK terkait sepak terjang Moeldoko selama berkarir di TNI. (Rani Soraya – www.harianindo.com)