VW Mempekerjakan Robot dan Orang Bersamaan

Ilustrasi

Salzgitter – Pada umumnya pabrik-pabrik otomotif modern menggunakan tenaga robot untuk mengambil alih tugas manusia. Terutama untuk tugas-tugas yang cukup berat seperti untuk melakukan pengolahan selembaran logam ataupun untuk melakukan pengelasan.

Namun lain halnya yang terjadi di pabrik mesin Volkswagen (VW) yang ada di Salzigitter. Hal ini dikarenakan pabrik tersebut terlihat bahwa para pekerja (manusia) dan tenaga robot bekerja saling berdampingan.

Seperti yang dilansir dari Inautonews, Jaumat (30/8/2013), memang fungsi robot-robot tersebut adalah untuk membantu melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga manusia. Sebagai contoh untuk pekerjaan menginstal elemen halus seperi busi pijar, dilakukan oleh robot.

Karena berdasarkan pihak penyedia robotic arm yang berasal dari Denmark, Universal Robot, bahwa memang kolaborasi robot untuk yang pertama kali didunia dan akan segera dikembangkan oleh pihak VW.

Bahkan Jurgen Hafner, Manager Proyek di pabrik VW di Salzgitter juga mengungkapkan bahwa memang di pabriknya tenaga manusia dan robot saling bergandengan. Dimana fungsi robot sendiri sebagai asisten produksi, dapat membantu para karyawan dari pekerjaan yang sifatnya tidak ergonomis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)