Bob Carr

Bob Carr

Canberra – Bob Carr, Menteri Luar Negeri Australi menyatakan bahwa dugaan terhadap penggunaan senjata kimia oleh Pemerintah Suriah di bawah kepemimpinan Bashar Al Assad merupakan sebuah tindakan yang patut mendapatkan respon dari dunia internasional. Walaupun demikian, Australia merasa bahwa mereka tidak perlu ambil bagian terhadap langkah yang kini tengah ditempuh oleh Amerika Serikat. Menurutnya, Australia memang memberikan dukungan penuh namun mereka tidak akan berpartisipasi terhadap langkah Amerika Serikat tersebut.

“Apabila terdapat sebuah pemerintahan yang terbukti telah menggunakan senjata kimia pada rakyat mereka sendiri, hal tersebut perlu mendapatkan perhatian. Kami percaya bahwa pihak Amerika Serikat telah mempertimbangkan langkah yang akan mereka ambil tersebut,” ungkapnya sebagaimana dikutip The Australian, Senin (2/9/2013).

Lebih jauh, Carr juga menambahkan bahwa Amerika telah menyampaikan pada mereka tentang langkah yang diambil. Menurutnya, Amerika tidak akan menjejakkan kakinya dalam waktu yang lama di Suriah. Tujuan dari langkah Amerika itu sendiri bukanlah untuk mengganti pemerintahan Bashar Al Assad ataupun memberikan bantuan pada kaum pemberontak. Langkah yang diambil Amerika Serikat tersebut merupakan sebuah penegasan akan norma internasional. (Rani Soraya – www.harianindo.com)