Kabinet Vatikan Dirombak Ulang Oleh Paus FransiskusVatikan – Jajaran kabinet Vatikan kini mulai dirombak oleh Paus Fransiskus. Terlihat untuk posisi Menteri Luar Negeri Vatikan yang dahulunya dijabat oleh Kardinal Tarcisio Bertone, kini digantikan oleh Uskup Agung Pietro Parolin.

Memang selama ini sepak terjang Uskup Agung Parolin di dunia diplomasi bukanlah sebuah hal yang baru. Bahkan ia pernah menjabat sebagai Duta Besar Vatikan yang diperuntukkan di beberapa Negara. Seperti yang dilansir dari BBC, Senin (2/9/2013), Greg Burke, selaku konsultan komunikasi Vatikan mengungkapkan bahwa memang sepak terjang Uskup Agung Parolin sebelum diangkat sebagai Menteri Luas Negeri, ia pernah menjadi duta besar.

Kini untuk urusan hubungan internasional Vatikan akan diserahkan Paus Fransiskus kepada Uskup Agung Parolin. Sebagai informasi bahwa saat ini Vatikan sudah memiliki hubungan bilateral sekitar 160 negara dan menjadi bagian dari anggota organisasi internasional, PBB.

Rencananya pada pertengahan Oktober nanti, Uskup Agung Parolin akan dilantik. Tidak hanya menteri luar negeri saja yang dirombak oleh Paus Fransiskus, karena Bank Vatikan juga banyak mengalami perubahan.

Selama ini memang birokrasi yang ada di Vatikan banyak mendapatkan kritikan dari banyak pihak. Karena selama ini banyak pejabat Vatikan yang haus akan kekuasaan dan juga korup. Dimana seharusnya mereka harus melakukan pengabdian terhadap masyarakat dan juga gereja. (Rani Soraya – HarianIndo.Com)