Sri Mulyani

Sri Mulyani

Jakarta – Setelah menjabat sebagai Menteri Keuangan, pada akhirnya World Bank mendaulat Sri Mulyani sebagai Direktur Bank Dunia. Dimana sebelumnya Sri Mulyani juga pernah memimpin Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).  Di Bank Dunia sendiri, tercatat sepak terjangnya memiliki ketajaman tersendiri.

Seperti yang dilansir dari situs resmi Bank Dunia, Kamis (5/9/2013), untuk saat ini Sri Mulyani juga didaulat sebagai Chief Operating Officer (COO). Dengan demikian maka Sri Mulyani Indrawati menjabat sebagai Chief Operating Officer dan Managing Director yang memiliki tanggung jawab untuk operasi lembaga yang ada di berbagai wilayah dan jaringan.

Dimana nantinya mencakup bidang pengelolaan ekonomi, pembangunan manusia, pengembangan sektor keuangan dan juga swasta serta pembangunan yang berkelanjutan. Memang sejak Juni 2010, Sri Mulyani telah bergabung dengan Bank Dunia.

Bahkan selama periode itulah, banyak kalangan menilai bahwa ia mampu menuntun kebijakan ekonomi yang ada di salah satu Negara terbesar yang ada di Asia Tenggara. Negara tesebut mampu melewati krisis ekonomi global, pemberantasan korupsi dan juga dapat menerapkan reformasi kunci.

Tidak hanya itu saja, Sri Mulyani juga pernah menjabat sebagai direktur eksekutif di International Monetary Fund (UI). Sedangkan di Georgia State University, lulusan dari Universitas Indonesia (UI) ini juga pernah menjadi profesor tamu tepatnya di Andrew Young School of Public Policy.

Sri Mulyani juga mendapatkan berbagai penghargaan atas prestasinya, seperti Menteri Euromoney Magazine Global Finance of the Year, serta Emerging Markets Terbaik Menteri Keuangan di Asia. Bahkan sebuah majalah Forbes telah menempatkan Sri Mulyani sebagai 100 wanita yang memiliki pengaruh di dunia. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)