Ban Ki Moon

Ban Ki Moon

Saint Petersburg – Sepertinya, konflik Suriah masih belum akan usai dalam waktu dekat ini. Pasalnya, hingga kini masih belum terdapat kepastian mengenai rencana invasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat. Hingga kini, terdapat pro dan kontra terkait hal tersebut. Disisi lain, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon menekankan bahwa alangkah lebih baik bila dunia menekankan terhadap aspek kemanusiaan dalam perihal tersebut.

“Alangkah lebih baik apabila kita mengesampingkan tentang konflik Suriah dan lebih memperhatikan kebutuhan korban akibat konflik tersebut,” ungkap Ki Moon sebagaimana dikutip dari AP, Jumat (6/9/2013).

Lebih jauh, Ki Moon menekankan bahwa terdapat sebuah konsekuensi yang sangat berat apabila rencana invasi Amerika tersebut benar-benar terlaksana. Menurutnya, invasi tersebut bakal lebih memperkeruh konflik yang selama ini terjadi di negara tersebut, terutama terkait masalah sektarian.

Sebagai catatan, berdasar data yang telah dihimpun PBB kini terdapat sekitar sepertiga dari penduduk Suriah yang telah menjadi pengungsi akibat konflik Suriah. Para pengungsi tersebut kini tersebar di beberapa negara tetangga diantaranya adalah Lebanon dan Jordania.

“Logistik bagi para pengungsi Suriah di Lebanon kini semakin menipis dan kemungkinan hanya bertahan dalam beberapa hari kedepan. Hal tersebut juga terjadi di wilayah Jordania,” pungkasnya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)