SBY Pulau Komodo Perlu Dikembangkan dan DipeliharaJakarta – Dengan terpilihnya Pulau Komodo sebagai salah satu bagian dari tujuh the New 7 Wonders of Nature, maka Presiden SBY mengharapkan agar semua pihak dapat ikut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi yang ada di Pulau Komodo.

Didalam sambutannya Sabtu (14/9/2013), bertempat di Pantai Pede, Labuan Bajo, NTT, SBY mengungkapkan bahwa dalam warisan alam dunia, memang sudah seharusnya kita berkewajiban untuk menjaga serta melestarikan dan mengembangkan Pulau Komodo.

Bahkan SBY juga berharap dengan adanya Sail Komodo 2013 ini maka potensi pariwisata yang ada di Nusa Tenggara Timur dapat dikenalkan dan dikembangkan ke mata dunia. Dengan memiliki panorama alam yang cukup indah, memiliki budaya yang eksotis serta komodo sebagai salah satu binatang purba yang telah tersisa sehingga menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara.

Dalam pidatonya, Presiden SBY juga berharap agar kawasan Nasional Komodo dan beberapa pulau disekitarnya dalam waktu dekat ini dapat menjadi sebuah ikon pariwisata baru yang ada di wilayah tengah Indonesia.

Diungkapkan oleh Presiden SBY bahwa setiap berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, ia selalu bangga akan kemajuan dari pembangunannya. Untuk diketahui bahwa Pulau Komodo adalah satu-satunya pulau yang memiliki habitat utama komodo yang ada di dunia.

Sehingga tidak heran jika United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan Pulau Komodo sebagai warisan alam dunia pada 19 Desember 1991. Bahkan yang terkahir pada 2012, Pulau Komodo juga menjadi the New 7 Wonders of Nature.

Dengan demikian maka potensi yang dimiliki dengan melalui program Sail Komodo 2013 ini diharapkan mampu menjadi modal akan percepatan pembangunan yang ada di Indonesia. Karena dengan Sail Komodo ini akan ada banyak sekali kegiatan serta pembangunan yang tentunya melibatkan berbagai kementrian dan juga lembaga yang ikut berpartisipasi. (Rani Soraya – www.harianindo.com)