VW Golf Akan Menggunakan Mesin 1.0Frankfurt – Beberapa waktu belakangan ini, industri otomotif dunia memang sedang digandrungi dengan mesin tiga silinder. Memang dengan penggunaan mesin ini dapat mengefektifkan penggunaan bahan bakar.

Seperti yang dikutip dari Car and Driver, Senin (16/9/2013), Head R&D Volkswagen, Dr. Hans-Jakob Neusser mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah menyiapkan mesin 1.0 liter tiga silinder turbocharger.

Memang ini bukanlah hal yang baru, namun saat ini dinyatakan bahwa mesin 110 PS telah dapat disematkan di mobil dengan seri Golf. VW sendiri memang bukan pemain baru dalam mesin tiga silinder. Karena untuk Polo sudah menggunakan mesin 1.2 liter dengan menggunakan tiga silinder.

Namun dengan menggunakan blok yang berbeda untuk 1.2 TSI turbo dengan empat silinder. Selain itu mesin tiga silinder yang dimiliki oleh Up! Yang telah digunakan oleh basic juga menggunakan mesin baru 1.0.

Di atas kertas memang mesin tiga silinder berturbo ini memiliki performa yang bagus, sayangnya di kenyataannya saat ini masih membutuhkan pembuktian yang real. Bahkan untuk beberapa model yang telah downgrade memang tidak seterusnya dapat dikatakan sukses.

Sebagai contoh untuk Ford yang menggunakan 1.0 EcoBoost dengan teknologi mesin tiga silinder masih menjadi primadona. Karena mereka telah mendapatkan penghargaan Engine of The Year. Untuk diketahui bahwa Renault adalah salah satu pemain terbesar dalam 0.9 TCe. Disisi lain Opel baru saja meluncurkan mesin 1.0 liter SIDI. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)