Garda Revolusi Iran Andil Dalam Perang Suriah

Tentara Iran

Aleppo – Dalam pertempuran yang terjadi di Suriah, nampaknya tentara Garda Revolusi ikut serta dalam aksi tersebut. Hal ini terkuak dari sebuah rekaman. Dimana terlihat dalam pertempuran tersebut mereka membela rezim Bashar al Assad.

Seperti yang dikutip dari BBC, Senin (16/9/2013), dari rekaman video tersebut diduga anggota Garda Revolusi Iran tersebut adalah pasukan Quds yang saat ini dipimpin oleh Ismaeil Haidari, sebagai panglima senior.

Pasukan Quds sendiri adalah kelompok yang memiliki tugas untuk membela kepentingan Iran yang ada di luar negeri. Terlihat dalam video tersebut tentara Iran sedang ada di Kota Aleppo. Dimana mereka sedang bertempur bersama membela kelompok pendukung Assad.

Sebagai informasi bahwa Aleppo saat ini memang diperebutkan oleh pihak Assad dan juga kelompok oposisi. Dengan beredarnya rekaman tersebut maka terbukti bahwa Iran memang terlibat dalam konflik yang ada di Suriah.

Dimana sebelumnya pihak oposisi menduga bahwa Iran telah memperbantukan tentaranya dalam rangka untuk mendukung Assad. Namun oleh Pemerintah Iran tuduhan tersebut selalu dibantah. Iran sendiri sebenarnya memiliki peranan yang besar di Suriah.

Karena Assad adalah sekutu utama yang ada di Timur Tengah, selain itu ia juga berasal dari kelompok Awaliyah, pecahan dari Syiah. Iran juga diduga memberikan pelatihan militer untuk pasukan Assad. (Rini Masriyah – HarianIndo.Com)