Hasil Pertemuan Jokowi Dengan Kepala Negara se-ASEAN

Jokowi

Jakarta – Gubernur DKI Jokowi baru-baru ini telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah kepala negara ibukota yang ada di Asean. Dalam pertemuan tersebut dihasilkan beberapa point penting tentang kesepakatan untuk beberapa negar yang ada dalam acara pertemuan tersebut.

Kepada wartawan HarianIndo bertempat di Hotel JW Marriott di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2013), Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya menginginkan agar kota Jakarta ini menjadi tempat implementasi kebijakan, dan tentunya Jakarta yang akan menjadi tempat pelaksanaannya. Hal ini sepertinya mendapatkan respon yang cukup baik dari Bangkok, Hanoi, juga Filipina. Mereka menginginkan yang pasti-pasti saja misalnya rencana pertukaran pelajar yang segera dilaksanakan.

Dalam pertemuan itu Jokowi juga mengusulkan join promotion khusus untuk turisme, karena hal ini bisa dijadikan perubahan untuk pelayanan yang baik kepada masyarakat. Jadi tidak usah berharap yang tinggi-tinggi cukup yang lebih real saja, tambah Jokowi.

Lalu wartawan harianindo juga menanyakan bagaimana dengan kontribusi pertemuan untuk ASEAN ?. “kalau itu sudah menjadi urusan tingkat negara, dan kita hanya ingin mengurusi yang implementasi saja. Apalagi ini baru pertama juga dan nanti akan ditindak lanjuti oleh tingkat yang lebih teknis lagi. Mungkin kita bisa mengadakan reguler meeting misalnya yang bisa saja diadakan setiap sebulan atau empat bulan sekali,” jawab Jokowi.

Dalam hal pertukaran pelajar menjadi pembahasan yang sangat hangat saat pertemuan kemarin. Selama ini banyak pertukaran para pelajar dari negara-negara Asean malah dikirim ke Eropa, bukan di kirim ke negara Asean sendiri, nantinya pertukaran pelajar akan di prioritaskan untuk negara Asean sendiri. (Tita Yanuantari – HarianIndo.Com)