Sukhoi Indonesia

Sukhoi Indonesia

Yogyakarta – Kekuatan armada udara Indonesia dalam waktu dekat ini bakal mendapatkan tambahan. Ya, Tentara Nasional Indonesia rencananya pada tanggal 26 September mendatang bakal kedatangan enam pesawat tempur jenis Sukhoi baru. Hal tersebut sebagaimana keterangan yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

“Pada tanggal 26 September mendatang kita akan menyerahkan enam pesawat tempur Sukhoi di Makassar,” tutur Purnomo di Lapangan Udara Adisucipto, Yogyakarta, Jumat (20/9/2013).

Dengan tambahan enam pesawat tempur tersebut, maka kini total Indonesia telah memiliki pesawat tempur jenis Sukhoi sejumlah 16 buah. Jumlah tersebut berarti bahwa Indonesia telah memiliki satu skuadron udana penuh Sukhoi.

Lebih lanjut, Purnomo menyatakan bahwa pesawat tersebut nantinya akan menjadi ujung tombak bagi Tentara Nasional Indonesia dalam menjaga kedaulatan NKRI. Dia juga menambahkan bahwa sumber daya manusia terutama para pilot-pilot AU kini sudah diakui kemampuannya oleh negara-negara tetangga, salah satunya adalah Australia.

Kedepannya, armada udara Indonesia juga akan mendapatkan sembilan buah pesawat CN295 guna menggantikan pesawat angkut ringan Fokker f27 yang sudah memasuki masa pensiun. Tidak hanya itu saja, TNI AU juga akan mendapatkan pesawat Hercules asal Australia serta helikopter hasil karya PT DI. (Rani Soraya – www.harianindo.com)