Gempa 5,3 SR Mengguncang Ujung Barat IndonesiaJakarta – Bencana alam memang datangnya tak pernah kita ketahui, jarang bisa untuk diprediksikan kedatangannya. Sekitar pukul 13.06 WIB, Kota Sabang tepatnya di Provinsi Aceh telah diguncang gempa dengan kekuatan 5,3 Skala Richter (SR). Dimana gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 kilometer, namun tidak menimbulkan potensi tsunami.

Berdasarkan keterangan dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Minggu (22/9/2013), dinyatakan bahwa pusat gempa ada di 222 kilometer barat daya dari Kota Sabang. Lebih tepatnya berada di 22 kilometer dari Serambi Aceh.

Lokasi tersebut sama dengan 249 kilometer barat laut Kabupaten Aceh Besar atau sekitar 2.000 kilometer barat laut yang diukur dari Jakarta. Lebih tepatnya BMKG melansir lokasi gempa berada du 5.77 Lintang Utara – 93.30 Bujur Timur.

Sampai saat ini belum dilaporkan apakah terjadi kerusakan ataupun korban jiwa atas gempa tersebut. Namun gempa yang melanda ujung barat wilayah Indonesia tersebut tidak memiliki potensi tsunami. Semoga saja dengan adanya gempa ini, tidak memakan korban jiwa. (Rani Soraya – www.harianindo.com)