Batik Syar’I Rifaiyah Membuat Jusuf Kalla KagumJakarta – Pada saat berkunjung ke RS QIM, Batang, Jawa Tengah, arah pandangan mata dari mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengarah ke sebuah kain batik yang memang terpajang didalam lobi rumah sakit.

Karena rasa penasarannya, pada akhirnya JK bertanya kepada para petugas rumah sakit. Alhasil sang pegawai menyatakan bahwa kain batik ini bernama Syar’I Rifaiyah. Dalam keterangan persnya, Selasa (24/9/2013), JK mengungkapkan bahwa batik Syar’I Rifaiya ini sangat bagus.

Dengan motif bunga dan tumbuhan membuat batik ini sangat indah. Tidak dipungkiri bahwa batik asli yang berasal dari Batang ini tidak kalah hebatnya dengan Batik Pekalongan yang sudah terkenal di dunia. Batik Rifaiyah sendiri memiliki motif yang digambar sesuai dengan syariat Islam.

Tidak mengherankan jika batik Rifaiyah ini memiliki motif berupa bunga dan tumbuh-tumbuhan. Dari sejarahnya batik ini telah dikembangkan oleh seorang Syekh Rifa’I yang kebetulan dahulu sedang menyebarkan ajaran agama Islam di Batang.

Terkait batik ini, JK juga menekankan bahwa dengan adanya Batik Rifaiyah ini, maka dapat membantu usaha masyarakat Batang untuk meningkatkan taraf hidupnya. Bahkan JK juga menambahkan bahwa sebagai masyarakat Batang seharusya bangga dengan batik Rifaiyah ini. Sehingga perlu dilestarikan dan dapat juga bermanfaat untuk hajat hidup dari banyak orang. Seharusnya Batang dapat bersaing dengan Pekalongan, tutup JK. (Rani Soraya – www.harianindo.com)