Kegiatan Blusukan Jokowi Sebagai Fungsi Kontrolling

Jokowi

Jakarta – Gubernur DKI, Djoko Widodo memang sering sekali melakukan kegiatan blusukan. Bahkan kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh bawahannya ini pun harus dikerjakan sendiri oleh Jokowi. Ketika disinggung kegemarannya ini, Jokowi merasa sama sekali tidak keberatan.

Karena menurut pendapatnya ini adalah sebuah bentuk manajemen kontrol. Ketika ditemui wartawan harianindo pada saat meninjau keadaan bangku taman yang ada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2013), Jokowi menuturkan bahwa dinas juga mengerjakan apa kewajibannya, tidak mungkin akan dilakukannya semua.

Jokowi mengungkapkan bahwa apa yang selama ini dilakukannya adalah tidak untuk mengambil alih pekerjaan dari bawahannya. Namun ia ingin secara nyata melihat keadaan yang ada dilapangan. Terlebih lagi untuk setiap program yang telah dicanangkannya, dengan catatan bahwa dinas terkait harus melaksanakan tugasnya ini.

Dinas sendiri memang ada manejemen organisasi, pelaksanaan serta controlling. Nah, Jokowi sendiri melakukan back-up atas fungsi kontrolling tersebut. Selama ini Jokowi sudah sering meninjau perkampungan yang nantinya akan menjadi calon kampung deret. Ditambah lagi, ia juga sering melakukan peninjauan terhadap normalisasi waduk yang ada di Tomang dan Ria Rio.

Dengan kegiatan blusukannya ini akan menjadi bahan pertimbangannya yang akan dibicarakan dengan Kepala Dinas terkait di dalam Rapim yang pada umumnya dilaksanakan setiap hari Senin bertempat di Balai Kota. Bahkan Jokowi juga menegaskan bahwa jika ia akan selalu meninjau proyek yang sudah berjalan sekitar 60 persen. (Galang Kenzie Ramadhan – HarianIndo.Com)