iPhone Terancam Malware ?

Ilustrasi

California – Ternyata sebuah emulator GameBoy dapat disembunyikan pada aplikasi lain yang ada di Apple App Store. Temuan ini dilakukan oleh salah satu perusahaan pengembang aplikasi. Terkait adanya temuan tersebut maka analis beranggapan bahwa Apple App Store ini dapat juga menjadi tempat persembunyian dari malware.

Terkait hal ini, Graham Cluley, selaku mantan analis bidang keamanan di Sophos memberikan peringatan terhadap para konsumen Apple untuk lebih berhati-hati ketika mengunduh aplikasi dari Apple App Store.

Cluley juga mengungkapkan bahwa sebuah aplikasi Earthquake 7, ternyata dapat diselipkan sebuah emulator GameBoy Advance pada aplikasinya. Dengan demikian maka tidak menutup kemungkinan bahwa malware juga dapat berkeliaran di toko aplikasi yang didirikan oleh perusahaan asal Negeri Paman Sam ini.

Seperti yang dilansir dari Softpedia, Rabu (2/10/2013), memang emulator dari GameBoy yang diselipkan pada aplikasi Earthquake 7 ini memang illegal dan menggunakan cara curang. Cluley pun tidak menampik jika malware mobile ada banyak di toko aplikasi Google Play Store. Yang menyayangkan adalah malware tersebut ada di App App Store, dengan sistem keamanan yang terbilang lebih sempurna dibandingkan dengan Google.

Dengan demikian Cluley juga memberikan peringatan bahwa jika para developer aplikasi ini dapat menyelipkan sebuah emulator di aplikasi iPhone maka kode-kode berbahaya juga dapat terseip didalamnya dan tentunya membahayakan iPhone kesayangan Anda. (Choirul Anam – www.harianindo.com)