Robot Kucing ini Dapat Lari Layaknya Kucing SungguhanBoston – Perusahaan pengembang robot terkemuka di Amerika Serikat, Boston Dynamics, baru-baru ini memperkenalkan karya terbarunya. Seperti dilansir dari mashable (Jumat, 04/10/2013), telah beredar di jejaring youtube video yang memperkenalkan robot kucing yang diberi nama WildCat. WildCat sendiri adalah versi wireless dari robot sebelumnya yang diberi nama Cheetah robot dan diperkenalkan ke publik pada tahun 2012 lalu. Tampak pada video, WildCat mampu berlari dengan kecepatan 16 mil perjam, lebih cepat dari manusia paling cepat di muka bumi, Usain Bolt.

Walaupun masih kalah dari pedahulunya yang bisa menembus angka 29 mil perjam, WildCat memiliki kelebihan lain, yaitu tidak dilengkapi kabel alias wireless sehingga uji coba bisa diadakan diluar laboratorium. Pergerakannya pun terlihat lebih “hewani” atau lebih tepatnya mendekati kucing asli. Dapat anda perhatikan bagaimana WildCat berlari dan melakukan gerakan-gerakan lain selama tidak kurang dari 4 menit di video berikut.

Boston Dynamics sendiri adalah perusahaan pengembang teknologi robotika yang kini sedang menjalani kerjasama dengan badan penelitian milik pemerintah Amerika Serikat, DARPA. Mereka juga mengadakan kerjasama dengan pihak militer seperti angkatan darat, laut, dan marinir Amerika serta perusahaan asal Jepang, Sony. Tujuan utama dari Boston Dynamics adalah memberikan saran dan memberi bantuan untuk mengembangkan robot yang paling canggih di dunia untuk tujuan kemanusiaan dan militer. Choirul Anam – HarianIndo.Com)