China Mengawasi Dunia Maya Menggunakan 2 Juta orang

7/10/2013
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

China Mengawasi Dunia Maya Menggunakan 2 Juta orangBeijing – Sensasi lembali dibuat negara superpower asia, China. Seperti dilansir dari Sky News (Minggu, 06/10/2013), Pemerintah China mempekerjakan dua juta orang guna mengawasi penggunaan internet oleh 1 miliar penduduknya. Walaupun pengguna internet di China tidak sampai jumlah sebesar itu. Informasi terbaru menyatakan bahwa pengguna internet di China mencapai 500 juta pengguna lebih. Tetap saja merupakan jumlah yang besar sehingga jumlah 2 juta pengawas tersebut tetap saja kecil.

Kebijakan raadikal ini dilakukan pemerintah negeri tirai bambu ini guna mencegah kerusuhan sosial dan kritik negatif terhadap otoritas yang berkuasa. Kendala yang dialami adalah penggunaan monitor tidak selalu mampu mencegah kritik dan komentar yang tidak ingin dilihat oleh pemerintah. Sekedar informasi bahwa pemerintah China telah memblokir situs resmi New York Times yang menampilkan laporan keuangan milik keluarga Wen Jiabao, ex – perdana menteri China.

Sepertinya para pengawas yang berjumlah dua juta orang ini bakal mengalami pekerjaan yang tidak mudah. Beberapa bulan terakhir pertumbuhan situs media sosial yang berisi komentar postif dan membangun di China semakin pesat. Pemerintah China sendiri tidak main-main dalam mengganjar pelanggaran yang ditemukan. Sebuah laporan menyebutkan hukuman penjara tiga tahun sudah menanti bagi mereka yang mengkritisi pemerintah, walaupun bagi mereka itu adalah kritik yang membangun. (Choirul Anam – www.HarianIndo.Com)

advertisement

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Refresh Image
*
advertisement

Photo Gallery

Tweet
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better
Follow Me