Peugeot Diakuisisi Perusahaan China ?Paris – Produsen mobil terkemuka asal Perancis, PSA Peugeot Citroen, dikabarkan akan dibeli oleh perusahaan produsen mobil dari China. Seperti dilansir dari Bloomberg (Rabu, 23/10/2013), Dongfeng Motors dikabarkan tertarik kepada peugeot dan telah mengajukan penawaran resmi. Seperti yang kita ketahui, PSA Peugeot Citroen saat ini tengan mengalami krisis finansial akibat kerugian yang diderita. Kabar yang beredar menyebutkan isi dari penawaran Dongfeng Motors adalah pemerintah China dan Perancis akan berkontribusi masing-masing sebesar 1,5 miliar Euro untuk menyelamatkan perusahaan Perancis tersebut. bantuan ini akan ditukar dengan saham kepemilikan dari Peugeot.

Hal ini akan menyebabkan keluarga Peugeot kehilangan kendali mereka atas perusahaan keluarganya karena hilangnya sekitar 25,4 dan 38,1 persen hak suara. Namun Arnaud Montebourg selaku Menteri Perindustrian Perancis memastikan dan menjamin Peugeot akan tetap menjadi perusahaan Perancis. Montebourg menegaskan tidak akan ada intervensi dari pemerintah China mengenai kebijakan dari Peugeot yang notabene masih perusaahaan milik Perancis.

Peugeot yang baru saja mem-PHK karyawannya seperti kita ketahui telah melakukan kerjasama dengan General Motors pada tahun 2012 silam dengan menjual beberapa sahamnya ke pabrikan mobil asal negeri paman sam tersebut. Penambahan modal adalah hal yang paling diincar oleh Peugeot demi menyelamatkan kegiatan bisnisnya yang selama ini dikenal oleh msayarakat dunia sebagai produsen mobil kebanggaan rakyat Perancis. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)