Laba Apple Turun Walau Penjualan iPhone NaikCalifornia – Apple inc baru saja dilaporkan merilis laporan keuangannya. Seperti dilansir dari The New York Times (Senin, 28/10/2013), penurunan laba bersih per September tahun ini dialami oleh Apple, walaupun penjualan dari iPhone 5S dilaporkan cukup tinggi. Di awal Triwulan keempat ini raksasa asal Amerika Serikat mencatatkan laba USD 7.5 miliar (setara Rp 75 triliun). Angka ini menunjukkan penurunan sebesar 8% apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai USD 8,2 miliar (setara Rp 82 triliun) pada periode yang sama.

Meski begitu, Apple dilaporkan mengalami kenaikan omzet dari USD 36 miliar (sekitar Rp 360 triliun) pada tahun lalu mencapai USD 37,5 miliar (sekitar Rp 375 triliun) pada tahun ini. Hal ini disebabkan penjualan iPhone 5S yang laris manis bak kacang goreng diseluruh dunia. Penurunan laba diperkirakan disebabkan oleh penjualan iPad yang stagnan. Bahkan produk andalan Apple seperi komputer Mac justru mengalami penurunan. Sebagai informasi, omzet tahun lalu didominaso oleh Mac dan iPad.

Apple Timothy D. Cook, Presiden Direktur Apple, saat dijumpai menyebutkan bahwa perusahaannya akan terus menggenjot laba dengan merilis produk-produk terbaru pada akhir tahun ini. Ia bahkan sesumbar bahwa natal pada tahuun ini sepenuhnya akan menjadi milik Apple. Varian terbaru iPad yang hingga kini belum diperoleh informasinya diperkirakan akan menjadi kartu as kemenangan Apple pada persaingan gadget di akhir tahun 2013 ini. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)

Sumber: