CEO Baru BlackBerry : John ChenOntario – Performa BlackBerry yang terus memburuk telah memakan banyak korban karyawannya. Namun kali ini tak tanggung-tanggung, CEO mereka juga harus lengser. Seperti dilansir dari Reuters (Senin, 4/11/2013), kini tongkat estafet kepemiminan raksasa smartphone Kanda itu beralih dari Thorsten Heins menuju John Chen.

John Chen, nama ini memang tidak sefamiliar Tim Cook nya Apple atau Larry Ellison nya Oracle. Apalagi jika dibandingkan dengan Bill Gates dan Steve Jobs. Pria berumur 58 tahun ini telah ditunjuk untuk menjadi CEO sementara oleh dewan direksi BlackBerry. Ini berarti kepercayaan telah diberikan kepada anak dari seorang imigran asal Hong Kong itu. Orang tua Chen berasal dari Hong Kong, mereka sekeluarga pindah ke Amreika Serikat pada tahun 1973, saat itu Chen masih bocah.

Tumbuh dalam keterbatasan finansial di negeri paman Sam, membuatnya menjadi pribadi yang kuat. Karirnya saat dewasa pun menjadi gemilang. Fokus pada industri Teknologi Informasi, Chen pernah menjabat sebagai CEO Sybase, perusahaan manufaktur software database komputer. Sybase yang saat awal kepemimpinannya memiliki kerugian sebanyak USD 98 juta, dalam kurun beberapa tahun ia sulap menjadi perusahaan sehat yang bisa bersaing dengan produsen software lain. Kita lihat saja kiprah dari John Chen di BlackBerry. (Tita Yanuantari – HarianIdo.Com)