Apple Bekerjasama Dengan SamsungCalifornia – Setelah sebelumnya diberitakan bakal menggaet Sharp atau LG dalam proyek pengembangan retina display iPad mini. Namun informasi terbaru mengatakan Apple akan menunjuk rival abadinya, Samsung, untuk mengerjakan proyek tersebut. Seperti dilansir dari Ubergizmo (Senin, 4/11/2013), sebenarnya ini bukanlah kerjasama yang pertama antara dua pesaing itu. Sebelumnya Apple dan Samsung pernah menjadi partner dalam hal pasok-memasok komponen. Sehingga tidak akan menjadi sebuah kesulitan untuk memulai kerjasama lagi. Samsung pernah menjadi pemasok monitor untuk produk Apple.

Apple memiliki keperayaan tinggi terhadap Samsung karena kemampuannya yang cepat dalam mengikuti kebutuhan minimal bagi spesifikasi yang diinginkan Apple untuk iPad nya nanti. Para pengamat memperkirakan batalnya Apple menunjuk Sharp dan LG diakibatkan kedua perusahaan itu belum bisa secepat dan secanggih Samsung dalam mengerjakan retina display sedangkan Apple sedang dikejar deadline.

Hingga saat ini belum ada konformasi resmi dari kedua perusahaan tentang seberapa besar porsi Samsung dalam memproduksi retina display iPad Mini. Tetapi mengingat masivnya kemampuan produksi Samsung, bukannya tidak mungkin nantinya sebagian besar atau seluruhnya akan diproduksi oleh raksasa smartphone asal Korea Selatan itu. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)