Qualcomm Kembangkan Chipset BaruCalifornia – Perusahaan produsen prosesor asal Amerika Serikat, Qualcomm, baru-baru ini dikabarkan tengah mempersiapkan chipset mobile terbaru mereka. Seperti dilansir dari Tech 2 (Selasa, 5/11/2103), Chipset ini akan didukung oleh kartu grafis Adreno 400. Detail komponennya akan diumumkan oleh pihak Qualcomm pada awal 2014 mendatang.

Consumer Electronic Show (CES) yang rencananya digelar pada pertengahan bulan Januari mendatang diperkirakan akan menjadi ajang diumumkannya chipset yang diproyeksikan sebagai penerus dari Snapdragon 800 ini. Snapdragon 800 kini digunakan secara luas oleh banyak merek smartphone terkemuka dunia seperti Samsung dan LG. Qualcomm pun ditantang untung menciptakan produk yang lebih baik lagi jika tidak ingin disusul oleh pesaing-pesaingnya.

Kiprah prosesor tebaru ini tidak akan berjalan mudah di tahun 2014. Mengingat beberapa kompetitor juga akan merilis produk terbarunya. Tercatat Nvidia berencana merilis Tegra 5 yang dilengkapi Logan Chip. Tak ketinggalan graphic card PowerVR seri 5 yang dipakai oleh iPhone 5S serta iPad setra ARM melalui Mali 700. Apakah chipset terbaru Qualcomm ini dapat meneruskan kesuksesan pendahulunya? Kita nantikan saja. (Rani Soraya – HarianIndo.Com)