Honda RCV1000R

Honda RCV1000R

Tokyo – Untuk pertama kalinya, raksasa otomotif asal Jepang, Honda merilis gambar resmi dari salah satu produk terbaru mereka yakni Honda RCV1000RR. Ya, penampilan perdana dari Honda RCV1000R tersebut terjadi hanya sesaat sebelum putaran terakhir ajang balapan MotoGP 2013 dilangsungkan.

Honda RCV1000R sendiri merupakan sebuah motor race yang sangat mirip dengan RC213V yang saat ini dikendarai oleh Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Rangka dari motor tersebut bakal mengadopsi dari RC213V serta bakal menggunakan mesin empat silinder yang disinyalir mampu mengeluarkan tenaga sebesar 235 HP.

Salah satu perbedaan yang dimiliki oleh mesin kedua motor tersebut adalah penggunaan pegas pada vavetrain. Apabila pada model RC213V tidak menggunakan pegas, maka pada model Honda RCV1000R menggunakan pegas.

Selain itu, model Honda RCV1000R bakal meluncur dengan menggunakan rem produksi Nissin dengan suspensi dari Ohlins. Hal tersebut sepertinya menandakan bahwa kedepannya, pabrikan Jepang tersebut bakal lebih mengutamakan untuk menggunakan produk keluaran Nissin.

Lebih jauh, berdasar rilis dari Autoevolution, Jumat (08/11/2013), hanya akan terdapat empat pembalap yang nantinya bakal menggunakan Honda RCV1000R pada ajang balapan musim depan. Keempat pembalap tersebut adalah Karel Abraham, Nicky Hayden, Scott Redding dan rekan setim Hayden yang hingga kini masih belum terungkap. (Choirul Anam – www.harianindo.com)