IDC: Smartphone Akan Mengambil Alih Pasar Kamera DSLRMassachusetts – Lembaga survey independen dunia, IDC, baru-baru ini merilis hasil temuannya yang cukup mengejutkan. Seperti dilansir dari Hot Hardware (Minggu, 10/11/2013), menurut hasil survey IDC, dalam beberapa tahun ke depan, kamera Smartphone akan memiliki teknolologi setara kamera DSLR yang saat ini sedang laris manis di pasaran. Ke depannya, gaya hidup yang dimiliki oleh kebanyakan orang memang menuntut kepraktisan sehingga beberapa orang diprediksi akan lebih memilih membawa smartphone yang memiliki kamera setara DSLR daripada membawa keduanya sekaligus. IDC meiliki dasar yang kuat, perusahaan survey dan riset produk yang bermarkas di Amerika Serikat tersebut memperlihatkan penjualan DSLR yang sudah mulai menurun di tahun ini. Tercatat penurunan yang terjadi mencapai 9,1 persen dalam 2013.

Hasil survey yang beredar tersebut langsung mendapatkan tanggapan dari pihak produsen DSLR. Salah satu produsen ternama, Canon, menyatakan bahwa memotret dengan smartphone dan DSLR adalah suatu hal yang benar-benar berbeda. Ibaratnya seperti memasakn menggunakan bumbu-bumbu instan yang murah dengan memasak dengan menggunakan bumbu asli yang pastinya lebih mahal. Canon optimis banyak orang masih memilih menggunakan DSLR ketimbang smartphone dan penjualan akan kembali meningkat di tahun depan.

Tercatat Nikon dan produsen lensa Tamron adalah bebrapa produsen mengamini pernyataan IDC. Penjualan kedua perusahaan itu mengalami anjlok yang cukup parah tahun ini. Beberapa individu memang lebih mengutamakan alat yang bias langsung meng-upload gambar langsung ke media social. Menggunakan DSLR bisa saja membutuhkan waktu yang lebih lama. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)