Tahun 2019 Pengguna Smartphone Capai 5,6 MiliarStockholm – Ponsel cerdas atau yang lebih dikenal dengan smartphone diprediksi bakal mengalami lompatan besar dalam jumlah pengguna. Seperti dilansir dari The Wall Street Journal (Senin, 11/11/2013), pertumbuhan pesat tersebut diprediksi oleh Ericsson Mobility Report yang berpusat di Stockholm Swedia. Isi dari laporan Ericsson menyebutkan bahwa track record yang menunjukkan pertumbuhan pengguna smartphone secara global yang hanya membutuhkan 5 tahun untuk mencapai 1 miliar pengguna dalam kurun waktu 2007 hingga 2012. Sedangkan untuk mencapai angka 2 miliar hanya membutuhkan waktu hingga 2014. Pertumbuhan ini pastinya akan terus berlipat ganda pada tahun-tahun mendatang.

Ericcson Mobility Report menyatakan secara resmi bahwa mereka memperkirakan untuk kedepannya, smartphone hanya membutuhkan waktu kurang dari lima tahun untuk mencapa 5,6 miliar pengguna. Tepatnya di 2019. Untuk lalu-lintas pertukaran data (traffic data), mereka memprediksi akan mencapai 10 exabytes pada tahun 2019. Trafik data yang besar ini berasal dari 50 persen video dan sisanya berasal dari situs jejaring sosial dan aplikasi berbasis web.

Hal menarik lain yang diperoleh dari laporan ini adalah peran negara China yang nantinya akan menjadi motor utama dari penyebaran smartphone di seluruh dunia. Kita nantikan saja. (Rani Soraya – HarianIndo.Com)