Emas Batangan

Emas Batangan

Shanghai – Saat ini kabarnya Negara China dan India menjadi Negara yang memiliki konsumen emas terbesar di dunia. Tercatat dalam periode Kuartal III atau sekitar bulan Juli-September 2013, untuk pembelian emas dunia telah dipecahkan oleh China dengan total pembelian sekitar 210 ton.

Berdasarkan yang dilansir dari China Daily, Jumat (15/11/2013), berdasarkan data yang diperoleh dari World Gold Council (WGC), tercatat bahwa pembelian emas di kuartal III 2013 yang ada di China naik sekitar 18% apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Dengan demikian di kuartal III 2013, China telah berhasil mengalahkan India yang selama ini dikenal sebagai Negara dengan konsumen pembelian emas terbanyak di dunia. Karena tercatat di India pada kuartal III 2013, jumlah dari pembelian emas sekitar 148,2 ton atau naik sekitar 32% untuk periode yang sama jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Tidak dipungkiri bahwa untuk saat ini konsumsi emas perhiasan masih merajai penjualan di dunia. Bahkan pada kuartal III-2013, penjualan emas yang ada di dunia telah mencapai 487 ton atau naik sekitar 5% untuk periode yang sama di tahun lalu. Dengan demikian secara keseluruhan di kuartal III 2013, tercatat penjualan semua jenis emas di dunia mencapai 869 ton, dimana angka ini naik 21 % jika dibandingkan denganperiode yang sama di tahun lalu.(Rini Masriyah – www.harianindo.com)