Kemenristek Lakukan Pengujian Kelayakan Jalan Atas Mobil ListriknyaYogyakarta – Pihak Kementerian Riset dan Teknologi yang sedang menggelar roadmap atas pengujian mobil listriknya di kampus Universitas Gajah Mada (UGM). Rencananya roadmap ini berlangsung dari tanggal 21-22 November 2013 dan terlihat ada beberapa mobil listrik yang sudah siap mengaspal.

Beberapa mobil listrik yang diklaim ramah lingkungan adalah Selo, Gendhis, eSemar serta mobil listrik jenis City Car (Evina) dan Bis Eksekutif (Dasep Ahmadi). Tatar Yoga Nugroho sebagai Supervisi rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam di Yogyakarta, Jumat (22/11/2013) dalam keterangan persnya, mengungkapkan bahwa sebenarnya konsep mobil Selo ini adalah jenis sport car, sedangkan Gendhis memiliki tampilan yang sejenis dengan Luxury Car.

Diungkapkan oleh Tatar bahwa mobil listrik ini dapat dicharge 4 jam untuk dapat beroperasi dijalanan selama 6 jam. Nampaknya roadmap ini akan dilakukan di beberapa kota untuk memamerkan hasil karya anak bangsa, demikian diungkapkan oleh Menristek, I Gusti Muhammad Hatta.

Selain roadmap di Yogyakarta, nanti akan dilanjutkan ke Bandung 26-27 Nopember, Solo 3-4 Desember, Surabaya 9 Desember 2013, dan yang terakhir adalah Jakarta 13-14 Desember. Diungkapkan oleh Menristek bahwa setelah dilakukan uji lab, memang uji kelayakan di jalanan sangat diperlukan.

Hal ini nantinya akan terlihat bagaimana kemampuan mobil untuk pengereman, apakah terjadi kerusakan, dll. Saat ini mobil produksi anak bangsa ini masih terkendalai maslaah perijinan. Namun nantinya ristek akan membuat skala pengembangan atas mobil listrik ini. Jika nantinya hasil pengujian sudah oke, maka akan dikoordinasikan dengan kementrian terkait untuk dapat diproduksi secara massal. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)