Iran Telah Menyetujui Kesepakatan Perjanjian NuklirJenewa – Pada akhirnya kesepakatan terkait nuklir telah disepakati oleh Iran dan beberapa Negara yang lainnya. Dengan adanya kesepakatan tersebut kurang lebih akan membuat dunia menjadi lebih aman termasuk Israel didalamnya.

Seperti yang dilansir dari AFP, Minggu (24/11/2013), diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri AS, John Kerry bahwa dengan adanya perjanjian komprehensif tersebut setidaknya akan membuat dunia lebih aman, dan khususnya untuk Israel.

Di lain hal setelah Iran menandatangani kerjasama tersebut, akan ada bantuan sanksi sebesar US$7 miliar yang nantinya akan diberikan dalam enam bulan dibawah kerjasama atas persyaratan nuklir tersebut.

Selain itu pihak pemerintah gedung putih juga menegaskan kepada Iran bahwa tidak akan ada sanksi lagi jika selama enam bulan tersebut Iran memebuhi kewajibannya. Sebagimana yang diketahui bahwa perjanjian atas nuklir Iran tersebut melibatkan AS, Inggris, China, Prancis, Rusia, dan Jerman.

Dimana negosiasi atas nuklir Iran tersebut dilakukan di Jenewa, Swiss didapatkan hasil bahwa Iran akan membatasi atas pengayaan uraniumnya tidak melebihi dari lima persen. Selain itu pihak Iran juga mempersilahkan pengawas nuklir IAEA untuk dapat melakukan inspeksi di Fordow dan juga Natanz. Terkait hal ini Presiden Iran, Hassan Rouhani, menyambut positif atas kesepakatan tersebut. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)