Hernandez Mencoba Mesin Kelas ‘Open’ DucatiJerez – Bertempar di Jerez, tepatnya pada Rabu kemarin, untuk yang pertama kalinya di mesin kelas ‘Open’, Ducati Desmosedici melakukan uji coba. Tidak dipungkiri bahwa Yonny Hernandez adalah orang yang pertama diberi kesempatan untuk dapat merasakan Ducati Desmosedici.

Untuk diketahui bahwa mesin kelas ‘Open’ ini diperuntukkan bagi tim yang bukan berasal dari motor pabrikan dimana sistem yang akan digunakan adalah ECU. Walaupun demikian, setiap tim pada saat balapan diberi jatah sekitar empat liter bahan bakar, serta di sepanjang musim tersedia sekitar 12 mesin.

Hernandez sendiri adakah seorang pembalap Pramac yang baru saja bergabung dan digandengkan untuk menjadi satu tim dengan Andera Lannone. Dari tim Ducati ada Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow, dimana posisinya saat ini menggantikan pembalap Nicky Hayden.

Sebenarnya setiap pabrikan motor menggunakan sebuah perangkat keras yang diberi nama ECU, namun di ajang MotoGP semua pabrikan moor yang ikut andil dibebaskan untuk dapat menggunaka perangkat lunak yang telah dirancangnya.

Namun untuk tes yang berlangsung di Jerez ini, Hermandez tidak sendirian ketika menjalani tes di tim kelas Open, ada juga Forward Racing yang berasal dari Yamaha serta terlihat juga Moto2 dan juga WSBK.

Seperti yang dilansir dari Crash, Kamis (28/11/2013), dalam kelas ‘open’ tersebut Aleix Espargo, pembalap yang berasal dari tim Forward, berhasil menjadi pembalap tercepat dengan perolehan waktu sekitar 1 menit 40.048 detik. Sebagai informasi bahwa nantinya pada tanggal 1 Desember 2013, tes resmi untuk musim dingin baru akan dilaksanakan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)