KJRI Jeddah Memulangkan Sekitar 491 OverstayerJakarta – Saat in memang pemerintah Indonesia dalam hal ini adalah Konsulat Jenderal RI Jeddah akan memulangkan sejumlah warga Negara Indonesia (WNI) yang overstayer. Untuk kali ini yang akan dipulangkan berjumlah 491 orang dengan prioritas kelompok yang rentan.

Dalam keterangan pres yang diterima harianindo, Kamis (28/11/2013), Pejabat Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KJRI Jeddah, Syarif Shahabudin mengungkapkan bahwa untuk pemulangan yang keempat ini tediri dari 313 orang perempuan, 100 orang laki-laki. Kepulangan mereka untuk kali ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor GA 981 yang diberangkatkan pada puku 19.30 waktu Jeddah.

Pesawat akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari Kamis, 28 November 2013 sekitar pukul 09.30 WIB. Dengan kepulangan WNI overstayer gelombang ke-4 ini, maka total keseluruhan sudah mencapai 1.964 orang, Nanti, pada 30 November akan dijadwalkan kembali pemulangan tahap selanjutnya.

Diungkapkan oleh Syarif bahwa pada hari yang sama juga dipulangkan sekitar 261 WNI overstayer dengan menggunakan pesawat Saudia SV 816 dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada Kamis, 28 November 2013 sekitar pukul 11.00 WIB.

Dengan demikian, sampai tahap akhir pemulangan, saat ini jumlah WNI overstayer masih ada sekitar 7.814 orang yang ada di penampungan imigrasi Shumaysi. Bahkan diakui oleh Syarif bahwa KJRI Jeddah masih terus berupaya untuk mempercepat pemulangan para WNI yang overstayer.

Bahkan tim dari KJRO Jeddah harus bekerja dengan sistem shitting untuk dapat membantu menyelesaikan semua dokumen yang diperlukan sampai proses pemulangan dari Arab Saudi selesai. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)