Korea Utara Teguh Pertahankan Windows XPCalifornia – Kendati Microsoft sudah jauh hari mengumumkan akan menghentikan dukungannya terhadap OS Windows XP, namun diluar dugaan masih ada yang menggunakan OS yang populer sebelum Windows 7 lahir tersebut. Bahkan salah satu negara yang masih banyak terdapat pengguna XP adalah Korea Utara. Seperti dilansir dari Softpedia (Rabu, 4/12/2013), sebuah lembaga riset, StatCounter, menunjukkan laporannya mengenai presentase pengguna OS-OS Windows di negara Kim Jong Eun tersebut.

Cukup mengangetkan karena presentase pengguna Xp di negara Korea Utara masih ada di angka 60,44 persen. Windows 7 berada di peringkat kedua dengan 30,36 persen. Kendati sudah banyak sistem operasi modern, nampaknya penetrasi dari OS tersebut masih belum kuat dilakukan di Korea Utara.

Microsoft selaku pembesut Windows memang telah mengeluarkan OS yang jauh lebih baru dan canggih seperti Windows 8. Apple juga telah mengeluarkan X Mavericks. Risiko keamanan yang di koar-koarkan oleh perusahaan software apabila pengguna keukeuh menggunakan OS jadul juga sepertinya belum ampuh. (Choirul Anam – www.harianindo.com)