Selamat Jalan Pak Nelson MandelaJohannesburg – Pada akhirnya tokoh anti- apharteid yang berasal dari Afrika Selatan tersebut menghembuskan nafas terakhirnya. Dalam usianya yang ke 95 tahun, Mandela meninggal dunia. Sebagaimana yang diketahui bahwa hampir selama 27 tahun ia pernah dipenjara karena memperjuangkan kaum kulit hitam.

Atas meninggalnya negarawan Afrika yang sangat dihormati tersebut disampaikan langsung oleh Jacob Zuma yan gmenjabat sebagai Presiden Afrika Selatan. Seperti yang dikutip dari AFP, Jumat (6/12/2013), Zuma mengungkapkan bahwa Mandela kini sudah beristirahat dengan damai.

Memang sudah lama mantan Presiden kulit hitam pertama dari Afrika Selatan ini mengalami kritis. Bahkan putri Mandela ketika ayahnya masih kritis mengungkapkan bahwa ia masih terus berjuang, walaupun Mandela hanya bisa terbaring tak berdaya di ranjangnya.

Setelah menjalani beberapa perawatan intensif di rumah sakit hampir selama 3 bulan dikarenakan infeksi paru-paru pada akhirnya Mandela menjalani perawatan di rumahnya yang ada di Johannesburg. Diungkapkan oleh putri Mandela, Makaziwe Mandela pada saat peluncuran buku dari kisah hidup Mandela yang berjudul Nelson Mandela Opus, bahwa ia selalu kagum dan bangga akan perjuangan ayahnya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)