Serangkaian Kegiatan Penghormatan Mandela Segera DimulaiJohannesburg – Rencana pemakaman mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel) Nelson Mandela yang akan dilangsungkan pada 16 Desember 2013 di desa Qunu nanti sebelumnya aka nada serangkaian kegiatan penghormatan. Dimana salah satunya dalam acara tersebut Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan dijadwalkan untuk berpidato dalam rangka penghormatan kepada Nelson Mandela.

Sepertinya pada hari ini, Selasa 10 Desember 2013 waktu setempat, bertempat di Stadion Soweto, Kota Johannesburg akan diselenggarakan acara penghormatan yang diperuntukkan bagi Mandela. Diperkirakan ada puluhan ribu orang yang akan menghadiri acara tersebut.

Tidak hanya Obama saja yang dijadwalkan menghadiri acara tersebut, namun pimpinan dunia lain seperti Presiden Afsel Jacob Zuma, Presiden Brasil Dilma Rousseff dan Presiden Kuba Raul Castro ikut menghadiri acara penghormatan tersebut.
Bahkan di Johannesburg sendiri, dikabarkan sudah ada beberapa tokoh dunia yang sudah datang. Sebagai contoh, saat ini Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon, kabarnya sebelum ke Stadion Soweto, terlebih dahulu mengunjungi museum dari Nelson Mandela.

Seperti yang dilansir dari BBC, Selasa (10/12/2013), dalam sambutannya, Ban mengungkapkan bahwa kematian Mandela menjadi duka dunia. Ia adalah sosok yang memiliki peranan penting untuk beberapa generasi.

Berkumpulnya kita semua disini adalah untuk mengenang kematiannya serta merayakan kehidupannya selama ini, ungkap Ban. Dalam acara penghormatan untuk Mandela ini akan dihadiri oleh beberapa puluhan pimpinan Negara sebagai penghormatan terakhirnya kepada Mandela. Sayangnya Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menyatakan menolak untuk datang dikarenakan mahalnya biaya transportasi ke Johannesburg. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)