Mexico City – Saat ini gelar kelas berat tidak lagi ditempati oleh Klitschko bersaudara. Hal ini dikarenakan Vitali telah memutuskan untuk gantung sarung tinju sehingga gelar WBC nya dicopot. Dengan demikian untuk saat ini gelar WBC tidak ada yang mendudukinya.

Vitali Volodymyrovych Klitschko Gantung Sarung Tinju, Gelar WBC Kosong

Vitali Volodymyrovych Klitschko

Pihak dewan tinju dunia sendiri yang mengumumkan lowongnya gelar untuk kelas berat itu dan lebih memilih untuk memberikan dukungan kepada VItali yang ingin terjun ke dunia politik di Ukraina. Bahkan sebelum pengunduran dirinya Vitali menghaturkan terimakasih kepada WBC karena diperkenankan terjun ke dunia politik dan menutup karier profesionalitasnya.

Karena untuk saat ini Vitali memiliki keinginan untuk menyuarakan kebebasan pada Negara bekas pecahan dari Uni Soviet itu. Seperti yang dilansir dari BoxingNews24, Selasa (17/12/2013), mantan petinju berjuluk Dr. Ironfist itu mengungkapkan bahwa ia ingin berkonsentrasi penuh di Ukraina karena rakyat Ukraina lebih membutuhkannya.

Walaupun VItali mengundurkan diri, namun ia memberikan dukungan kepada Wladimir yang saat ini masih mepertahankan karier di dunia tinju dan berhasil memegang emapt gelar seperti (Super) IBF, IBO, WBO dan WBA.

Sebagaimana yang diketahui bahwa karier VItali bermula di tahun 2004 dan berhasil membawa gelar WBC setelah berhasil mengalahkan Corrie Sanders di ronde kedepalan dengan kemenangan TKO. Sayangnya dua tahun ia harus absen dikarenakan cedera dan memaksa Vitali harus kehilangan gelar tersebut. Namun di tahun 2008, gelar tersebut berhasil diraihnya kembali dari tangan Samuel Peter. Sejak saat itu, banyak penantang yang gagal untuk merebut gelar tersebut dari Vitali. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)