Ekspor Mobil Amerika Pecahan RekorJakarta – Sepanjang tahun 2013 kemarin, sepertinya menjadi tahun terbaik untuk setiap produsen otomotif Amerika. Hal ini dikarenakan di tahun 2013 Amerika berhasil mencetak rekor mengekspor kendaraan terbanyak.
Seperti yang dikutip dari autoevolution, Selasa (3/1/2014), bahwa kendaraan yang telah dikirim keluar dari Amerika Serikat di tahun 2013 sudah mencapai angka 2 juta unit. Dimana angka pencapaian tersebut menjadi sebuah rekor terbaru yang dicapai oleh industri otomotif Negeri Paman Sam tersebut.

Beberapa pabrik yang memiliki andil besar adalah Ford, GM dan Chrysler. Karena hampir setengah dari penjualan yang di ekspor dari Amerika Serikat berasal dari ke-3 pabrikan otomotif ini. Tercatat ditahun 2012, memang pabrikan otomotif Amerika hanya mengekspor kendaraannya sebesar 1,8 juta unit, baik untuk jenis kendaraan truk, ataupun penumpang yang nilai transaksinya mencapai US$ 132.7 juta.

Dimana kendaraan yang diekspor tersebut kebanyakan dikirimkan ke Meksiko dan juga Kanada yang mencapai angka 49 persen. Sedangkan untuk wilayah China dikirim satu dari sembilan kendaraan yang diekspor.

Walaupun tidak dipungkiri bahwa banyak produsen otomotif Amerika yang menanamkan investasinya ke China hampir 6 kali lebih banyak jika dibandingkan investasinya di tahun 2009. Diungkapkan oleh manager IHS Automotive (lembaga survei), Mike Jackson, bahwa tidak dipungkiri bahwa meningkatnya jumlah ekspor beriringan dengan ekspansi yang dilakukan oleh pabrik. Hal ini tidak lain bertujuan untuk dapat memenuhi akan kebutuhan pasar global. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)