CES 2014 bukan Gelaran untuk Produk Camera?Las Vegas – Dalam beberapa tahun terakhir, CES telah menjadi tempat bagi nama besar produsen camera untuk memamerkan ataupun memasarkan produk barunya. Seperti dilansir dari USA Today (6/1/2014), tahun lalu Fujifilm mencuri perhatian dengan X100S nya . Tahun sebelumnya , Nikon meluncurkan D4 dalam gelaran ini.

Tetapi dengan begitu banyak produk yang diluncurkan di pasar pada musim gugur yang lalu dan CP+ 2014 yang akan digelar di Yokohayama bulan depan, CES 2014 mungkin tidak akan menghadirkan kejutan besar untuk pasar kamera. Tercatat pada CES 2014, hanya tiga produsen kamera yang akan menggelar press event, yaitu Sony , Panasonic , dan Samsung .
Sony baru-baru ini membuat gebrakan dengan kamera full-frame mirrorless nya A7 dan A7R. Di lain pihak, Samsung akan menampilkan NX30 dan Galaxy Camera 2 . NX30 merupakan kamera full-frame mirrorless terbaru keluaran Samsung, meskipun tampaknya Galaxy Camera 2 akan lebih mendapatkan sorotan.

Produsen yang lebih kecil tampaknya akan berusaha untuk memanfaatkan kurangnya produk baru yang diluncurkan oleh nama-nama besar. Polaroid ( alias Sakar ) misalnya mengungkapkan akan meluncurkan produk baru “kamera instan” khas mereka. (Choirul Anam – www.harianindo.com)