Review Nikon Coolpix L830Beberapa model kamera digital keluaran Nikon dengan segmen low-end memang hadir dengan kualitas yang agak mengecewakan, tetapi Coolpix L830 yang telah dipamerkan selama CES 2014 di Las Vegas memberi kesan yang berbeda.

Seperti dilansir dari Pocket Lint (Minggu, 12/1/2014), kunci dari perbedaan itu adalah spesifikasi L830 yang dilengkapi dengan 34x optical zoom, yang bisa menghasilkan gambar super-wide, bahkan belum ada kamera di segmen sama yang dapat mendekati kemampuan L830.

Kualitas foto yang dihasilkan juga cukup handal dengan didukung sensor 16MP CMOS, cukup baik untuk jenis compact camera (kamera poket). Selain itu ada dua opsi untuk melakukan zoom, dengan memutar lensa atau dengan menekan tombol zoom di dekat tombol shutter. Ditambah lagi dengan desain model yang nyaman di genggaman tangan.

L830 memang tidak dilengkapi dengan viewfinder dan opsi full manual control, tetapi justu hal tersebutlah yang membuat kamera ini tetap simpel dan mudah digunakan. Secara keseluruhan Nikon Coolpix L830 adalah compact camera yang seimbang dan kinerjanya melampaui ekspektasi dari banyak kalangan. (Choirul Anam – www.harianindo.com)