Potensi Masuknya Tim Baru Asal Amerika ke Ajang Formula 1California – Gene Haas, salah satu tokoh penting dalam sejarah balap NASCAR—pemilik tim Stewart Haas Racing, akan memasuki dunia balap Formula 1. Seperti dilansir dari Sky Sports (Jum’at, 17/1/2014), pihaknya telah mengkonfimasi ketertarikannya untuk masuk pada musim 2015 atau 2016 mendatang.

Sejak kosongnya slot ke 12 untuk tim peserta F1, semenjak mundurnya tim HRT asal Spanyol, FIA, induk organisasu F1, telah mengumumkan adanya penerimaan aplikasi pendaftaran tim baru pada Desember lalu. Dan tampaknya slot tersebut akan ditempati oleh tim milik Gene Haas tadi.

Adapun untuk proses pendaftaran akan ditutup pada tanggal 10 Februari dan pengumuman siapa yang lolos akan dilakukan tanggal 25 Februari. FIA akan benar-benar mengoreksi dan mempertimbangkan secara matang. Bila tidak ada yang sanggup memenuhi kriteria yang ditentukan, kompetisi tersebut akan tetap berjalan dengan 11 tim.
Sebenarnya, pihak Gene Haas sempat memasukkan aplikasi untuk bergabung dengan F1 pada musim 2010, namun karena masalah finansial, hal tersebut batal terjadi. Untuk yang akan datang nanti, pihaknya dikabarkan telah merekrut mantan direktur teknis dari Red Bull dan Jaguar, Guenther Steiner, untuk mempersiapkan proyek ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)