Steam Machine Keluaran Alienware Tidak Bisa Di-UpgradeMiami – Alienware, perusahaan pembangun sistem hardware komputer anak perusahaan Dell, baru-baru ini ikut memproduksi Steam Machine. Kabar terbaru yang beredar, Steam Machine versi mereka tidak bisa di-upgrade.

Seperti dilansir dari Gamespot (Selasa, 21/1/2014), perwakilan perusahaan tersebut mengatakan bahwa Steam Machine mereka tidak dilengkapi fitur upgradeable, namun demikian general manajer Alienware, Frank Azor, mengatakan bahwa produk Steam Machine mereka akan di update tiap tahun, dengan kata lain Alienware akan membangun Steam Machine baru tiap tahunnya. Azor menambahkan, umur konsol biasanya sekitar 5 sampai 7 tahun, namun pihaknya akan mengeluarkan “konsol” baru dalam setahun. Produk mereka akan berevolusi sesuai dengan perkembangan game yang makin canggih.

Di lain kesempatan, Azor mengatakan bahwa sebenarnya, fitur upgrade yang ditawarkan Steam Machine memiliki banyak keterbatasan, bila dibandingkan dengan PC game, karena sebagaimana diketahui, konsep dibuatnya Steam Machine adalah mengkawinkan performa konsol dengan fitur PC.

Bila gamer benar-benar ingin mengupgrade Steam Machine keluaran Alienware miliknya, disarankan untuk menghubungkan dengan CPU dari PC dengan spesifikasi lebih baik, meski tanpa itupun Steam Machine mereka sudah cukup bagus. Pilihan lain, tentu saja, belilah Steam Machine keluaran vendor lain atau rakit sendiri dengan part-part yang sudah tersedia di pasaran. (Rani Soraya – www.harianindo.com)